Ngebuat struktur tabel USER & otorisasinya

Posted: 18 January 2008 in Programming
Tags:

Sering para programmer pada ngebuat sistem ada modul menej user. Nah kalo dah ngomong masalah user ini pasti ditiap user punya otorisasinya sendiri2 dong. Mulai dari dia bisa ngentri ini, ngentri itu, liat ini aja atau sampai bisa semuanya. Nah bermula dari situ juga saya kepikiran ngebuat beginian.

Pertama-tama kita buat tabel user pastinya, trus user2 ini istilahnya bisa dikumpulin disuatu grup yang punya nama mencerminkan ciri kas dari grup itu sendiri. Misalnya ada grup namanya adalah EntriMasterDataTok nah kalo namanya begituan yah diisiin nama2 orang yang hanya bisa entri data master tok *.

Abis ngebuat grup kita buat tabel modul. Nah tabel ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan temen2, kalo tabel saya isinya: Nama menu, nama formnya (ini ngebedain di formnya ajah), nah semua itu bisa dinamain nama modulnya. Atau juga bisa ditambahin kolom2 seperti menu level, gambarnya, urutan, dsb itu terserah kebutuhan aja.

Setelah itu kita bisa gabungin antara modul itu tadi dengan grup user, di tabel namanya right access, dari tabel itu bisa ditambahin kolom tambah, edit atau delet. Jadi sudaah…
Kalau lebih lengkap lagi semua tabelnya bisa ditambahin kolom2 historical data. Jadi kita bisa monitor data yang ada di database mulai dari siapa yang ngebuat, kapan dibuat, siapa yang ngubah atau kapan ngubahnya. Pan jadi lebih lengkap data historisnya….!

Lebih jelasnya, dilihat gambar hubungan tabelnya disini nih….

ERUser

Nah sekarang bisa dipraktekkan…

* tok (bahasa jawa) : saja

Comments
  1. maryam says:

    nanya,ini mahrus pake apa? mysql?

    mahrus:
    Oh belum di jelasin ya? bisa pake apa aja yang penting ada fitur relasi tabelnya. Kebetulan aja DB ini numpang di SQL Server 2000.

  2. maryam says:

    bedanya SYS ama MAD apa?

    mahrus:
    SYS itu ya kepanjangan dari system tabel, lalu kalo MAD itu kepanjangannya Master Admin. Terserah kok gak ada yang ngelarang temen2 mau kasih nama apa. Maryam, trimakasih atas kunjungannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s