Maintain sharing folder kita

Posted: 21 January 2008 in Backup & Maintenance File
Tags:

Udah gak dipungkiri lagi nih orang gak butuh sharing folder dari orang laen atau data file dari server. Nah belum tentu folder yang kita sharing ini buat semua orang, lebih bener lagi kita pilih2 siapa yang boleh lihat, edit, delet atau bisa semuanya. Kita gak tahu log siapa aja yang udah ngebaca, ngubah file atau delete file kita yang udah di sharing (ato gw aja yg gak tahu). Yang jelas kenapa kita gak kasih aja langsung siapa2 yang berhak mbuka folder sharingnya ini. Syarat mutlak yang harus dilaksanaain yaitu komputer yang ingin di share itu harus udah join domain, perlu-perlu login doimain juga. Okeh mulai ajah ya dijelasin:

Klikkanan
Ya mulai dari folder mana yang akan kita pilih untuk di sharing, klik kanan trus dipilih Sharing and Security.

SharingPropertis
Kasih nama sharingnya misalnya SQL$ kemudian klik Permision pada tombol dibawahnya.
TIPS: Kalau pengen folder sharingnya gak mudah dibrowsing sama orang laen (alias ke hidden) maka bubuhin string dolar ($) dibelakang nama sharingnya.

SharingEveryone
Nah ini yang penting. Kalau everyonenya masih ada berarti folder ini siap2 untuk bisa diliat sama semua orang. Kalau gak mau ya di remove aja, trus bisa ditambah yang ingin di masukin. Misalkan contoh dibawah adalah Administrator atau Humas.

SharingAdmin
Nambahinnya gampang, ketik trus di check name.

SharingAdminGrant
Nah mulai di edit allow atau deny check boxnya.

Klik OK sampai abis.

Kalo kita coba di komputer yang udah gabung juga di domain yang tanpa perlu minta login. Tapi kalo yang belum login domain itu pasti diminta login domain dulu untuk ngasih otorisasi siapa yang akan masuk di folder ini.

Login
Begitu saja yah critanya. Kalau ada tambahan silahkan kasih ke comment saja.
Saya mau kuliah dulu…

Comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s