Perjalanan bisnis yang gagal….

Posted: 21 January 2008 in Umum
Tags:

Mengapa disebut demikian, mulanya kami diundang suatu pertemuan bisnis namanya, ya bagi orang IT kalo ajakan ketemuan bisnis itu gak jauh dari projekan. Eh pas dah di tempat acaranya resmi banget… orang2 pada pake baju resmi. Trus datang orang yg memperkenalkan dirinya ke kami. Ngakunya sih temennya yang ngajak ketemuan, dan kami mulai diajak masuk aja tar dia nyusul. Dikasihlah kami tiket masuk dengan harga tiket 55rb untuk bisa masuk di ruangan Bussiness Building Seminar (bebees). Weeks…. spontan gw kaget, kok bayar yah? ya udahlah seminar ini kan, untuk kepemimpinan lagi. Acara seminar pun dimulai, dari ngenalin orang2 yang berkompeten di dunia bisnis sampai yang udah keliling dunia segala…. Kayaknya ada yang janggal nih acara menurut gw. Dari awal tadi ngenalin orang2 yang gw gak kenal maksudnya trus setiap perkenalan masing2 orang pada ngucapin: “Selamat datang di pertemuan BBS selanjutnya” atau “Selamat datang di pertemuan Leadership Seminar selanjutnya”. Ya okelah, jadinya mereka berharap gw akan ikut lagi acara yg selanjutnya. Inti acara seminar ini bisa gw kategorikan 2 sesi, meskipun di sesi yang ke2 gw cabut dengan alesan yg gak jelas. Sesi pertama itu perkenalan sosok orang yang berhasil meraih ini, meraih itu (gw gak ngerti maksudnya) lalu mereka bercerita pertama dia bergabung sampai berhasil menjadi direktur. Yah bagus juga sih, jadinya ada pelajaran yang bisa gw ambil dari ceritanya. Misalnya :

(1) Orang harus punya cita2 hidup. Yaa… biar ada targetnya mau kemana.
(2) Kalu udah terjun ya harus serius ngejalaninnya.
(3) Jangan terlalu memanjakan adik atau anak untuk menjadikan mereka mandiri.
(4) Perhitungan segala hal, dsb.

Setelah panjang lebar dia cerita, nyampe mungkin 1 jam kali ya. Abis itu di kasih liat video yang intinya menceritakan heba/kerennya acara Leadership Seminar. Pembicaranya dari luar negri, iming2nya dengan membawakan mobil mewah sebagai hadiah, liburan kesana kesini, testimoni yang bagus2 dari peserta. Wah pokoknya luengkap. Sampe ditayangin 2 kali kurang apa coba promo yang satu ini. Akhirnya gw dikasih brosur setelah nonton video tsb. Isinya gak kurang keren juga, ada sekitar 28 profil foto dengan masing2 keterangan jabatannya, dibaliknya itu formulir pendaftaran LS. Dan biaya pendaftarannya itu yang gak kuat nahan… 560rb buat seminar meennn… Weeks. Lalu mana ada seminar yang ditanyaain Upline DD/Diamond-nya, Udah deh, gw dah gak tahan duduk lama-lama 3 jam ampe selesai.

Pikir gw… KETEPU besar.
Dah kapok gak lagi2.

Gw rasa udah kenyang dengan masukan dan omongan orang tentang MLM. Mulai dari keluhan temen2 gw yang dah bergelut bisnis ini, Gw suka kata temen gw yang satu ini “Sekali lagee, MLM adalah bisnis tipu-tipu. Mengiming-imingi calon prospeknya bebas secara finansial. Saking kayanya, kemana-mana naek pesawat, kapal pesiar, mobil sport mewah, rumah mewah, dan wah-wah lainnya. Icon nyang ditonjolkan hanya segelintir orang dibanding sekian ribu orang nyang menjadi korban dibawahnya. Dan para MLMers seneng banget dengan utopia ini….” kalo mau liat lengkapnya baca di sini dan sini. Nah kalo ngebaca yang agak mirip2 nasibnya kayak gw lihat di sini dan sini.

Gw gak akan orang meminta yang baca blog ini terpengaruh karena MLM yang dibahas atau sampe keluar dari bisnis ini. Itu udah urusan temen2. Gw cuman heran, dengan berkedok nama seminar di jenis bisnis yang sama. Nama yang menarik (leadership). Bahkan cuman buat lahan baru (nama baru) buat nebeng bisnis MLM lama yang udah terkenal yaitu A*w**. Wah pusing kalo mikirinnya, buat temen2 gw cuman ngasih saran. Teliti dulu sebelum buat keputusan. Apalagi ini menyangkut soal uang…. Susah men nyarinya.

Piss.

Comments
  1. mahrus says:

    Buat temen gw Ipung:
    Lo utang ke gw yak. 1 jitakan besar dari gw. Wakak kak kak….

    Puas gw ha2…

  2. akhmad says:

    riba sungguh menyesatkan….

    mahrus:
    Bukan gw lo yang ngomong riba yaa….

  3. Ipung Alonso Sitampan Se-Jawa dan Bali says:

    waduuuh.. ini aib nih jgn dibilang2 dong, apa kata pers tentang gue ck.. ck.. ck.. bisa2 turun pasaran gw nih gak ditawarin maen pelem lagi ma hari sudjarwo eh rudi sudjarwo.. masak artis ikutan seminar mlm? apa kata dunia?
    Enak aja udah lunas week.. pan udah gw sogok ama burger blenger wakakakakakakaka…

    mahrus:
    Enak aja lunas…. yaa anggep aja burger blenger penenang ati gw yang kacau balau waktu itu. Piss.

  4. indah says:

    ah itu seh lu nya aja yg ga mau keluar duit,

    buktinya tmn kita si Asep, uda pnya kapa pesiar, itu juga kata dika

    wkwkwkwkwkwk

    mahrus:
    Ya iyalah keluar duit buat gituan mah ogah…
    Buat Indah thx atas kunjungannya, btw Indah mana ya kok kenal ma Asep?

  5. mbelgedez says:

    Ya ampyuuuunnnn…..
    Jangan ngikutin fatwa sayah !!!
    Ntar situ tersesat !!!
    Sesaaatttt…..!!!

    Sebagai Imam dari Madzab Bocor Alus, sayah udah ngingetin situ lho yaaa….
    Salah-sala ntar darah situ dihalalkeun sama MLMers….

    mahrus:
    Akhirnya mbah Mbel mampir juga.
    Gw gak akan posting bginian kalo gak jadi korban mbah…
    Pokoke muangkel kalo inget2 lagi, ya semoga gw diberi kesabaran dari Allah. Amin

  6. siapa ya??????????? says:

    diambil hikamahnya bozzz…pengalaman dalah pelajaran yag terbaik..da..tmen gw bilang mencoba dalah pengalaman…
    ya..sapa tau…da rezeki nomplok mampir didepan pintu rumah…
    hehehehehee…..

    mahrus:
    Amiin…. makasih kunjungannya yaahh…

  7. PHWG says:

    Wah sama dink, dgn pengalaman aku waktu jaman masih di pt yang lama. Diajakin temen ke pertemuan bisnis, eh gak tahunya seminar dan di situ dikenalin sama temen nya (gak tahunya upline nya) dan ngasih formulir pendaftaran sekaligus nodong untuk bayar pake cc. Lucunya (sekarang sih jadi gak lucu), gue nurut aja, ngeluarin cc, gesek dan tanda tangan… 400-ribuan bok…. jaman dulu kan segitu lumayan… sejak itu gue musuhan sama tuh orang… abis, katanya bisa refund, begitu mo coba refund, gak bisa…
    Mangkel deh pokoke kalo pas inget lagi…

    -phwgbb73-

    mahrus:
    Waduh.. nyesek juga ya kalo udah ngeluarin duit. Yang penting bisa diambil pengalaman & hikmahnya.
    Bapak yang satu ini pinter lho orangnya… gw dah kenal sama beliau(promosi)
    Trimakasih udah berkunjung Pak..!

  8. avy says:

    iya om, saya dah abis puluhan juta ikut MLM, gak berhasil.
    Sekarang ngeluarin puluhan juta juga tapi punya aset hehehehe.
    kapok dah berbisnis MLM.

    Mahrus:
    Semoga bisa dijadikan pembelajaran buat yang laen ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s