Hypertext World…

Posted: 5 February 2008 in Programming
Tags: , ,

Arti dari judul posting-an “Hypertext World” apaan yak? Hypertext itu sendiri menurut dosen gw yang dari IPB sih adalah konsep untuk menggabungkan beberapa teknologi text, video dan suara yang lebih kita kenal dengan multimedia. Nah hypertext ini sangat dicirikan dengan adanya text yang dinamis, contohnya adalah link-link yang berguna untuk mengantarkan kita ke alamat tertentu. Meskipun ada juga text yang statis atau hanya berupa paragrap atau judul hypertext ini juga banyak perkembangan teknologi kalo diliat sekarang ini. Mulai dari teknologi HTML, PHP, Javascript, dan banyak sekali yang lain.

Nah di postingan ini juga gw ngambil beberapa contoh web, tanpa mengurangi rasa promosi atau narsis semuanya bikinan gw. Meskipun udah lama gak buat lagi sih, tapi gw bangga udah pernah buat desain/aplikasi web di jaman dulu. Ya udah sekarang coba klik gambar kecilnya buat nggedein/bikin jelas dibaca maksudnya :

THUMBSIMAK Nah desain ini adalah aplikasi web untuk mengatasi nilai akademik mahasiswa. Dulu gw sebut ini adalah SIMAK (Sistem Informasi Akademik), jadinya setiap mahasiswa bisa ngeliat IPK-nya masing-masing dengan login tertentu pastinya.Web yang ini juga yang memenuhi tugas mata kuliah KP (Kerja Praktek) satu, ya Alhamdulillah dapat nilai sempurna. Terima kasih buat tim SIMAK sampe-sampe buat nginep2 dan ngelonin komputer gw… he2…. Seru abis pokoknya. Oh ya web ini menggunakan teknologi PHP dan HTML.

THUMBZUMMELS Web yang ini namanya Zummels, terinspirasi dari nama almarhum adik gw yang namanya Zuhri. Isinya adalah web jualan baju dan aksesoris, yah lumayanlah bagi mahasiswa di tingkat 2 untuk nyelesaiin tugas mata kuliah Hypertext. Kalo yang ini tugas individu jadinya gak ada yang nemenin komputer gw untuk begadang. Webnya masih statis dan berupa HTML ajah alias blum ada databasenya dan prosesnya. Jadi kalo ada yang belajar ngoprek-ngoprek desain web yang satu ini bisa email ke gw, nanti tak kasih sourcenya.

THUMBPLN Nama web ini adalah SIPL sesuai dengan namanya adalah Sistem Informasi Pelayanan Pelanggan. Dulu waktu tingkat 2 gw ngebuat ini karena ada projekan aja yaitu disuruh bantuin bikin desain, teknologi tree menu, dan beberapa modul transaksi SIPL. Banyak juga sampai akhirnya jadi tim inti dalam projek ini. Tapi karena hal ihwal dan masalah2 internal pihak pertama jadinya projek ini digagalkan. Sayang banget tau, waktu itu gw dah mikir duit projek ini mau gw apain ajah.. Ya buat tambah pengalaman aja kalo gw dah buat yang seperti ini. Apalagi di web ini gw ngasih banyak kode2 javascript untuk tree menu dan tabel grid. Yah selain javascript ada juga PHP dan HTML juga sih.

Buat pihak pertama yang gw sebutin tadi gw cuman ngasih ucapan makasih banyak atas kesempatan yg diberikan meskipun belum sampai selesai dikerjakan. Perasaan kecewa sih pasti, tapi yang ngebuat gw gak enak sama anak tim adalah udah pada gembar-gembor banyak, dan ngerjainnya nggetu ya males aja. Ya udahlah itu masa lalu, setidaknya ada imbalan kotornya kok dari Projek Manager gw.. he2…

THUMBHELPDESK Nah yang ini aplikasi dari modul gw di sistem inventory-nya waktu di PKL di TPI. Nama modulnya adalah Maintenance Inventory, kalo ngejelasin modul ini puanjang ntar ajah di postingan gw selanjutnya ajah. Aplikasi ini menggunakan koneksi database SQL Server 2000, yaa jadinya ngasih nilai lebih dari aplikasi web gw yang laen. He2….

Nah saatnya temen2 bisa nyoba buat web sendiri, yah dikit2 pake photoshop gak pa2 ko.
Hidup hypertext…..!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s