Posts Tagged ‘LDAP’

Setting LDAP di PHPBB3

Posted: 19 February 2008 in Programming
Tags: ,

Disini aku akan membahas setting LDAP di PHPBB3. Scope-nya gak segede forum internet yang udah ada di web, tapi saat ini aku kasih tahu yang intranet dulu. Belum nyoba live di domain internet tersendiri. Sebelum aku nyritain langkah2nya, aku nyeritain dulu nih forum dan kenapa butuh LDAP setting.

Begini, awal mula aku nimbrung temen IT Web (ya satu section juga sih sama aku) untuk develop Forum Perusahaan, yang akhirnya dipakeklah produk dari phpBB. Suatu forum yang baik adalah punya banyak user yang dikelompokkan di masing2 grup menurut otorisasi topik yang ada di forum. Sehingga para forummers tidak terlalu diganggukan oleh topik2 yang tidak harus dibaca atau di-reply. Nah kalau dipikir2 user email beratus-ratus yang udah ada di kantor masak harus diregister satupersatu di forum? apa gak kelojotan itu orang yang ngentri kayak gak punya kerjaan ???

Nah, dari situlah mungkun PHPBB udah mikirin gimana caranya user yang udah ada (di user Active Directory) biar konek sama Forum, tanpa user harus register sebagai user baru. Pastinya yang mutlak harus dituruti syaratnya adalah udah diinstal PHPBB3 dan punya server Active Directory sebagai referer user forum. Nah berikut step yang harus dilakonin untuk setting LDAP di PHPBB3 : (more…)